Yuk! Kenalan Sama 4 Makhluk Penghuni Laut Dalam!

KLIKBERITA.NET – Di dunia ini ratusan dan jutaan spesies hidup di dalam air. Tak terkecuali laut dalam sekalipun. Nah, contohnya dengan beberapa makhluk berikut ini yang dikenal hidup dari jangkauan manusia manapun! Siapa saja ya, makhluk-makhluk itu?

Cacing Polychaeta

Hewan menyeramkan yang satu ini memang sejenis dengan kelas cacing annelidaCacing Polychaetaini hidup di kedalaman 1.200 meter dari permukaan laut tepatnya di pesisir utara New Zealand. Warna cacing ini bahkan berwarna pink dan badannya seperti memantulkan warna pelangi.

Meski warnanya cantik, cacing ini dikenal sebagai hewan predator, lho. Tentakel yang ada di kepalanya menjadi organ sensor untuk mendeteksi mangsanya. Untuk sebagaian korbannya yakni ikan-ikan kecil cacing ini bisa menghisap mereka dengan cepat. Untungnya saja besarnya cacing ini hanya sampai 10 cm.

 

Hiu Goblin

Hiu ini memang dikenal sebagai makhluk yang sangat aneh. Di tahun 1985 hiu ini pernah ditemukan di laut barat Australia. Di tahun 2003 ratusan hiu ini juga pernah terlihat di barat laut kota Taiwan setelah gempa terjadi.

Ciri-ciri bentuk dari hewan ini tidak seperti hiu pada umumnya. Ia memiliki moncong yang pipih memanjang. Gigi yang seperti kuku dan memiliki panjang sekitar 3-4 meter. Ia juga punya organ sensor yang sangat sensitif. Makanan kegemarannya adalah cumi atau krustasea.

Hiu Berjumbai

Hiu Berjumbai atau nama latinnya chlamydoselachus anguineus pertama kali ditemukan dikedalaman 1,570 m dari permukaan laut di Teluk Sagami, Jepang antara 1879-1881. Hiu ini merupakan salah satu jenis chlamydoselachus yang masih hidup.

Uniknya, ia berenang secara bergelombang dan memakan mangsanya dengan membengkokkan tubuhnya lalu dimasukkan ke dalam mulutnya. Tapi, sayangnya saja keberadaan Hiu Berjumbai atau Frilled Shark sudah terancam punah karena rendahnya tingkat reproduksi hiu ini.

Kutu Laut Raksasa

Biasanya kutu itu hidupnya di darat, namun kutu yang satu ini sanggup hidup di kedalaman laut sekitar 6.000 m. Kutu Laut Raksasa atau Giant Isopod memiliki tubuh sepanjang 40,6 cm. Dinamakan Kutu Laut karena sekilas hewan laut ini mirip dengan kutu.

Giant Isopod adalah salah satu spesies dari genus Bathynomus yang menjadi penghuni kegelapan di Laut Pasifik, Atlantik, dan India. Selain itu, kelebihan hewan ini ia mampu berpuasa selama 4  tahun lho, tanpa makanan!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*