10 Destinasi wisata halal Tanah Air yang bikin jatuh cinta turis manca

BERITA TRAVEL Indonesia patut berbangga. Keindahan alam dan ragam budayanya selalu menjadi salah satu daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang dan menikmati setiap jengkal keindahannya.

Tercatat, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada September 2017 mencapai 1,21 juta orang. Lalu naik hingga 20,47% bila dibandingkan bulan September tahun lalu.

Menurut Kementerian Pariwisata (Kemenpar), wisata halal atau family friendly tourism adalah sesuatu yang sangat penting untuk menggenjot industri pariwisata di Indonesia. Karena itu, Kemenpar terus memasarkan potensi family friendly tourism kepada para pelaku industri pariwisata.

“Wisata halal akan menjadi generator besar bagi pendapatan nasional tahun 2020. Daya saing destinasi wisata halal di Indonesia juga semakin mendunia. Tahun 2016 kita ada di peringkat tiga dalam rating GMTI setelah Malaysia dan UEA. Dan 2019 nanti, target kita nomor satu di dunia,” ujar Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata RI Lokot Ahmad Enda, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Nah, bagi kamu yang belum tahu nih, Kemenpar juga sudah serius menggalakkan promosi ke berbagai negara, seperti Cina hingga Eropa. Salah satu yang dibidik adalah wisata halal.

Tak dipungkiri, wisata halal merupakan market besar. Bukti nyata pada 2016 silam Lombok terpilih menjadi destinasi halal terbaik dunia.

Dari berbagai wilayah, berikut KLIKBERITA.NET rangkum 10 destinasi wisata halal Tanah Air yang sudah terbukti bikin jatuh cinta para turis manca, Rabu (8/11).

1. Nusa Tenggara Barat.

foto: homeiswhereyourbagis.com

Provinsi di sebelah timur Bali ini memang sedang naik daun karena tingkat kunjungan wisatawan baik dalam dan luar negeri begitu pesat. Selain memiliki pantai yang indah seperti Kuta, Senggigi hingga Gili Trawangan, pesona alam pegunungannya juga menarik perhatian wisman untuk menaklukkannya salah satunya adalah Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl.

2. Aceh.

foto:allindonesiatravel.com

Aceh sedang berbenah, sektor penunjang transportasi umum sedang dipersiapkan. Untuk destinasi wisata, Aceh memiliki banyak spot menarik untuk dikunjungi wisatawan muslim seperti Museum Banda Aceh, hingga pusat kebudayaan Islam.

3. Sumatera Barat.

foto: bobocantik.com

Destinasi yang sedang dipromosikan yaitu Danau Singkarak, Kepulauan Mentawai. Sumatera Barat juga berhasil memenangi ‘Kompetisi Pariwisata Halal Nasional’ (KPHN) dilaksanakan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Dalam kompetisi itu Sumatera Barat memenangkan empat kategori yakni destinasi wisata halal terbaik, kuliner halal terbaik, biro perjalanan wisata halal terbaik, dan restoran halal terbaik.

4. Jawa Timur.

foto: malangkab.go.id

Bromo dan Semeru digadang-gadang menjadi spot andalan halal tourism. Bukan tanpa alasan, sektor akomodasi dan transportasi sebagai penunjang terbilang memadai. Akses yang mudah, dan pembangunan infrastruktur yang terus digalakkan seperti di Kota Malang.

5. Jawa Tengah.

foto: tripadviseor.co.id

Borobudur menjadi magnet besar wisatawan luar saat berkunjung ke Jawa Tengah. Tak heran, Jawa tengah menjadi salah satu destinasi idaman banyak traveler dunia.

Potensi wisata halal di Jawa Tengah sangat terbuka lebar, seperti Karimun Jawa misalnya. Kepulauan di utara Jepara ini sering dikunjungi oleh wisatawan manca. Pulau-pulau kecil dan terumbu karang yang indah menjadi andalannya.

6. Kalimantan Timur.

 foto: indoindians.com

Provinsi Kalimantan Timur juga sedang bergeliat di sektor pariwisata. Potensi wisata halal digalakkan salah satunya yaitu mempromosikan Kabupaten Berau ke dunia internasional.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal Riyanto Sofyan berharap Berau bisa masuk dalam daftar wisata halal nasional.

7. Yogyakarta.

foto: wetravelwithlove.com

Kota gudeg dengan sejuta kenangan ini memang punya ciri khas tersendiri. Keunikan dan sejarah panjang beberapa destinasi di Jogja layak untuk dikunjungi seperti Tamansari hingga candi-candi.

Tak mudah mendatangkan wisatawan muslim ke Jogja, namun tak menutup kemungkinan Jogja bisa menjadi kota wisata yang ramah terhadap muslim ke depannya.

8. Sumatera Selatan.

foto: AZWisata.com

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan (Sumsel) pada 2017 siap untuk membidik wisata halal. Kepala Disbudpar Sumsel, Irene Camelyn, bersama stakeholder pariwisata meluncurkan Wisata Halal 2017. Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk motivasi mengingat kesuksesan Indonesia di ajang World Halal Tourism 2016.

9. Sulawesi Selatan.

foto: jurnalpost.com

Langkah Sulawesi Selatan mengejar potensi wisata halal tak main-main, bahkan pada tahun depan direncanakan pihak terkait kepariwisataan akan melakukan promosi di Jeddah, Arab Saudi.

10. Banten.

foto: bantenwisata.com

Tentu tak banyak yang tahu, provinsi di ujung barat pulau Jawa ini sedang bersiap untuk mendapatkan sertifikasi halal pula. Terbukti dengan acara Festival Wisata Halal Banten 2017 yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh STES Islamic Village bertujuan untuk ikut andil dalam mendukung, mendorong dan mempromosikan Provinsi Banten menjadi salah satu Destinasi Wisata Halal di Indonesia, bahkan menjadi salah satu Destinasi Wisata Halal Dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*