Kampung unik di Sulawesi ini suguhkan suasana ala Korea

BERITA TRAVEL -bagi pecinta K-Pop dan drakor, jangan lewatkan untuk berlibur ke Kampung Korea yang berada di Baubau, Sulawesi Tenggara. Di kampungnya suku Cia Cia ini kalian akan merasa seperti berada di Korea Selatan beneran karena semua tanda jalan, papan nama bahkan kurikulum sekolah menggunakan huruf Hangeul.

Menurut beberapa sumber awalnya penulisan bahasa Cia Cia menggunakan huruf Arab gundul tetapi banyak kata yang tidak bisa ditulis dalam huruf ini. Akhirnya pada tahun 2009 pada simposium persamaan bahasa, Pemkot Baubau menerima aksara Hangeul sebagai aksara penulisan bahasa suku Cia Cia.

Keunikan bahasa yang dimiliki oleh suku Cia Cia adalah kualitas bunyi dan perlambangan yang mirip dengan bahasa Korea. Keunikan ini menarik perhatian para antropolog Korea untuk melakukan penelitian. Mereka juga melakukan kerjasama sama seperti adanya pertukaran guru, pelajar dan kebudayaan. Selain itu pemerintah Korea juga memberikan banyak bantuan baik dibidang infrastruktur maupun pendidikan.

Bagi anda yang tertarik silakan berkunjung ke Kecamatan Sorowalio terlebih dahulu untuk belajar huruf Hangeul. Kampung Korea ini hanya berjarak 15 km dari Kota Baubau.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*