Mama

Klikberita.net Teruntuk Mamaku tersayang yang pada dirinya cinta yang tulus itu datang untuk anak-anaknya,yang hari Ini (5/09/2021) sedang berulang tahun

“Dalam lelahnya terbersit semangat. Dalam senyumnya terlantun doa. Dari seorang teristimewa bernama Mama dan dalam setiap Doanya nama ku selalu disebut.”

Aku bukan orang yang lahir dari keluarga berada, namun juga bukan dari golongan yang miskin. Hidupku sederhana, namun bahagia. Semua karena orang tuaku yang menyayangiku. Terlebih lagi seorang Mama.

Bagiku Mama adalah pelita harapanku. Disaat orang lain meremehkanku, disanalah Mamaku selalu menberikan semangat dan berkata “sabar dan selalu bersyukur dan berdoa serta Jangan menyerah nak, Mama selalu mendukung keputusan baikmu”

Mama ku memang bukan orang yang bersekolah tinggi. mama hanya setingkat SD kala itu dan itupun tak lulus. Namun padanya lah aku belajar arti sebuah semangat dalam hidup.

Dalam prinsipnya bekerja asalkan itu baik, maka lakukanlah. mamaku tak pernah menuntut anak-anaknya untuk jadi sesuatu yang ia inginkan. Ia selalu bertanya kepada anaknya ingin jadi apa, maka kemudian ia akan mengiyakan setiap keinginan baik anaknya. Kemudian mendoakan keinginan anaknya, hingga kelak tercapai semua cita-citanya.

Mamaku bekerja setiap hari sebagai Penjual Nasi Uduk untuk membiayai makan dan sekolah anak – anaknya Kala itu, Setiap pagi Mama mempersiapkan untuk dagangan pada dini hari yang akan di jual didepan rumah kami dan semuanya untuk Biaya kami anak – anaknya . terkadang untuk biaya pendidikan ke 7 anaknya tak Jarang mamaku kerapkali meminjam dari Rentenir dengan bunga 30%, Kata Mamaku “Hidup itu harus dijalani dan disyukuri, walau banyak hambatannya yang penting kalian bisa sekolah minimal lulus SMA .”

Dinginnya pagi tidak menyurutkan langkah Ibu untuk bekerja. Udara dingin yang menusuk dipagi hari banyak membuat orang terlena untuk tidur kembali, namun tidak dengan mamaku. Walau dingin disertai hujan sekalipun mama akan tetap Berjualan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

mamaku memang orang yang pantang menyerah. Hujan tidak akan menghalangi langkahnya untuk  tetap berjualan demi anak-anaknya.

Sejak Papa tiada , mamalah orang yang menjadi Tulang punggung kami anak – anaknya, mama tidak pernah mengeluh walau pekerjaannya berat, ia selalu tersenyum dihadapan anak-anaknya. Sesekali mama marah, namun marahnya mama hanya ingin anaknya bisa lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Kalau anaknya sakit, mamalah yang pertama khawatir dan meneteskan air mata. Mama tak ingin anak-anaknya sakit. Dengan segera mama memberikan obat – obat warung jika kami sakit di karenakan keterbatasan biaya. Mama selalu berdoa setiap hari dan satu persatu nama anak – anaknya disebut agar anaknya sehat selalu, sukses dan bisa membahagiakan keluarga kelak.

Bagiku, mama adalah pahlawan inspirasi semangat dalam hidup. Meski dalam segala keterbatasannya, mama selalu berusaha tampil menjadi sosok panutan bagi anak-anaknya dengan segala keterbatasannya. Mama tak pernah menjadi perempuan yang malas-malasan. Aku selalu melihat mama yang selalu ingin bekerja dan giat mencari rezeki dalam hidupnya.

Doa mama disetiap malam adalah sumber kekuatanku menjalani hidup. Setiap jalan seakan mudah jika diiringi dengan doanya. Hidup memanglah tidak mudah, namun dengan doa mama semua terasa ringan untuk dijalani.

Dalam kondisi ekonomiku yang kurang baik, mama tak pernah sesekali pun mencelaku. Yang aku dapat adalah nasehat-nasehat baik. Kata Ibu “Cari kerja apa saja, asal halal dan jangan pernah mengemis dari orang lain.” Dorongan-dorongan itu yang membuat diriku seakan menjadi orang yang lebih berarti. Anak-anaknya selalu didorong oleh mama untuk menjadi orang yang pantang menyerah. Jika gagal jangan sedih, lekas bangkit dan bersemangat kembali.

Tidak akan kami sebagai anak-anaknya mampu membalas budi baik dan kerja keras seorang mama dalam kehidupan kami, walau kami memberikan semua harta dan kesuksesan yang kami kumpulkan seumur hidup kami.

Mamaku memang pernah marah kepadaku, namun marahnya seorang mama adalah demi kebaikan anaknya. Seorang mama tidak ingin melihat anaknya menjadi anak yang nakal. Seorang mama tidak ingin anaknya menyerah dalam hidupnya.

Seorang mama selalu menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Sampai ia rela berkorban apa saja demi kebahagiaan anaknya.

Terkadang malah kami sebagai anak yang sering membuat nya menetaskan air matanya tanpa kami sadari, memang benar kata pepatah ” Seorang mama mampu membesarkan 7 orang anak dengan Tangan nya dan ke 7 orang anak nya tak mampu mengurus 1 mama ” Tidak ada kata yang pantas diucapkan kepada mama selain

“Terimakasih Allah, engkau menganugerahkanku mama yang baik.”

Disaat orang lain dipukul mamanya, mama ku selalu ada merawatku dengan tangannya. Disaat orang lain dibuang mamanya, mamaku menangis melihat aku yang terbaring sakit. Disaat orang lain ditelantarkan mamanya, mamaku berjuang sekuat tenaga agar anak-anaknya bisa makan dan tidak menangis lagi.

Mama adalah inspirasi hidupku. Kesederhanaan dan kegigihan seorang mama tercermin dari pribadi beliau. Mama yang menjadi sahabat terbaik bagi anak-anaknya. Teman suka dan duka. Mama yang bisa bercanda dan menangis dengan anak-anaknya. Mama yang tidak pernah malu untuk bekerja.

Mama selalu menginginkan anaknya menjadi anak yang baik, hormat kepada orang tua. Kata mama “Jangan jadi anak yang bandel, jadilah anak yang baik serta jangan pernah ajarkan keteladan yang salah untuk anak – anakmu kelak.” Aku sadar bahwa tidak ada hal yang paling membahagiakan seorang mama, selain melihat anaknya sukses dan menjadi orang yang baik bagi lingkungannya. Seorang mama yang baik tidak ingin anaknya jadi penjahat, seorang mama yang baik tidak ingin anaknya menjadi pencuri. Aku bahagia memiliki mama yang dapat mengajariku banyak hal, meski dengan segala keterbatasan membelit keluarga kami. Mama tak pernah sekalipun mengajariku berbuat jahat. Baginya masih banyak jalan yang halal untuk mencari rezeki.

Tak mudah memang menjadi orang tua yang penuh sabar dan selalu menyayangi anak-anaknya dari kecil hingga saat ini. Hanya ketulusan dan cinta yang murni yang mampu membuat seseorang begitu sayang dengan orang lain. Hal itulah yang aku dapatkan dari kesederhanaan mamaku.

Mam,Bagiku menjadi anakmu adalah sebuah kebahagiaan terbesar dalam hidupku. Karena cinta yang tulus dan doa yang selalu engkau panjatkan disetiap Doa – doa malammu.

Mam doakan selalu anakmu menjadi anak yang sukses, anak yang kelak dapat membahagiakan keluarganya dan mampu membagi kebahagiaan untuk orang lain. Mam, semangatmu dalam menjalani hidup akan selalu menjadi pemicu semangatku untuk berjuang. Aku selalu ingat kata-katamu untuk tidak menyerah dengan keadaan. Jangan menyerah apalagi kegagalan menimpa kita.

Ya BAPA Ya ABBA, berikanlah kesehatan dan kebahagiaan kepada mama hamba. Jadikanlah ia bidadari surga yang kelak mengisi surgamu. Berikanlah rahmat dan kasihmu kepada beliau. Jadikanlah hamba sebagai anak yang sukses yang mampu membahagiakan mama hamba.

Ya BAPA ya ABBA hanya kepadamulah aku meminta dan hanya kepadamulah aku memohon pertolongan.

Mam, Happy B’day ya Mam

Semoga dirimu selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Bagiku setiap hari adalah hariku untuk mendoakanmu. Mam semoga engkau sehat selalu.

Dan maafkan anakmu ini…..yang belum mampu membahagia kan mu

– Kefas Hervin Devananda (Romo Kefas) – 05 Sept 2021

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Ayo tinggalkan komentar :)x
()
x