Pemdes Krosok Gelar Sosialisasi Program Sanimas dan Kampanye PHBS I

Pemdes Krosok Gelar Sosialisasi Program Sanimas dan Kampanye PHBS I

Spread the love

Tulungagung,-KlikBerita.net Pemerintah Desa (Pemdes) Krosok mendapatkan program Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) tahun 2023. Berkenaan dengan hal tersebut Pemdes Krosok menggelar sosialisasi program Sanimas dan kampanye PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Kegiatan tersebut dilaksanakan di balai desa setempat, Rabu malam (28/6/2023).

Kepala desa Krosok Susanto mengatakan kegiatan Sanimas merupakan salah satu upaya pemenuhan akses sanitasi layak dan mendukung penurunan angka stunting serta kejadian diare.

“Menyampaikan informasi tentang Sanimas kepada masyarakat, tujuan Sanimas dan PHBS,” ucapnya. “Selain itu, untuk meningkatkan sarana sanitasi yanh lebih luas guna meningkatkan kebersihan serta kesehatan lingkungan, sarana jamban dan penanggulangan pencemaran sumber air tanah,” paparnya.

Lebih lanjut Susanto menjelaskan, PHBS merupakan perilaku hidup bersih dan sehat yaitu sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai upaya agar dirinya sehat dan aktif membantu kesehatan lingkungan di masyarakat.

“Nantinya program ini akan dilaksanakan oleh KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) juga KPP (Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara) yang akan dibentuk melalui forum rembug warga,” jelasnya.

Susanto berharap program Sanitasi Berbasis Masyarakat ini dapat memberikan manfaat dan benar-benar dapat meningkatkan perilaku hidup bersih warga Desa Krosok.

Dalam rapat tersebut disepakati dilakukannya penyusunan Long List calon penerima manfaat ptogram Sanimas, dilakukan verifikasi lapangan Long List sehingga ditentukan penerima manfaat, akan dibentuk KMP sebagai lembaga pelaksana program Sanimas.

Rapat sosialisasi Sanimas Tersebut dihadiri oleh Kepala desa Krosok Susanto beserta perangkat, teanaga fasilitator lapangan serta para undangan lainnya.(arifin)

error: Content is protected !!