Ketua Umum SPPGI H.Syamsu Alam.SE, Dorong dan Tingkatkan Ekspor Kayu Gaharu di Pasar Global

Spread the love

Jakarta – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Serikat Petani dan Pengusaha Gaharu Indonesia (SPPGI) H.Syamsu Alam.SE, selalu berupaya untuk mendorong masyarakat agar meningkatkan produksi perkebunan kayu gaharu untuk ekspor tembus pasar global ” Rabu 30 Agustus 23.

Sebagai mana diketahui, H.Syamsu Alam, seorang Pengusaha Saudagar Bugis Makassar (PSBM) yang telah lama merantau dan terjun dalam bisnis pengolahan dan ekspor kayu gaharu untuk mendorong masyarakat mengembangkan potensi ini, yang mana menurutnya kayu gaharu hingga saat ini telah diekspor ke lebih dari 139 negara, baik di Benua Eropa, Amerika, Timur Tengah, dan Asia .

H.Syamsu alam menjelaskan Pohon gaharu merupakan tumbuhan tropis yang dikenal memiliki banyak manfaat, terutama pada bagian getah membeku dari batang atau biasa disebut gubal, yang mana kayu gaharu berasal dari tumbuhan genus aquilaria malaccensis yang memiliki warna kecoklatan atau hitam pekat.

Dikatakannya salah satu ciri utama kayu gaharu adalah aromanya yang khas, sehingga kayu gaharu juga kerap digunakan untuk bahan pembuatan parfum. Beragam manfaat yang terkandung di dalam kayu gaharu membuat tumbuhan ini menjadi salah satu produk ekspor bernilai tinggi yang dikirim ke berbagai negara di belahan dunia.

Selain itu kayu gaharu juga berguna untuk bahan pembuatan Obat, salah satu fakta unik yang membuat kayu gaharu memiliki permintaan yang tinggi di pasar adalah karena kayu gaharu dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan obat-obatan medis maupun tradisional.

H.Syamsu alam menyebut petani khusus yang fokus dalam bidang pengolahan kayu gaharu itu tidak cukup banyak, untuk itu dirinya mendorong masyarakat untuk pengembangan budidaya kayu gaharu, yang mana berpendapat kayu gaharu dari Papua menurutnya salah satu kayu gaharu yang terbaik karena tumbuh di antara lumpur.

Agar diketahui H.Syamsu Alam, seorang Putra asli Kabupaten Sidrap yang kini mencalonkan Caleg Partai PDIP Dapil 2, Sulawesi Selatan, mengatakan bahwa Gaharu merupakan komoditi ekspor dan barang yang mahal dan memiliki peluang ekonomi yang juga dapat menjadi penambah pendapatan devisa negara.

Oleh karena itu, H.Syamsu Alam berharap kepada jajaran pengurus SPPGI agar memaksimalkan potensi dan saling berkoordinasi antar pengurus masing-masing dalam memajukan petani dan pengusaha gaharu di Indonesia dan pihaknya dari Asosiasi SPPGI, agar siap selalu memberikan pendampingan bagaimana dengan cara menanam dan merawat kayu gaharu dan harapnya dengan banyaknya minat masyarakat dengan potensi kayu gaharu negara kita semakin kokoh dan makmur di masa depan” Tutupnya.(Red )

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Ayo tinggalkan komentar :)x
()
x