Komandan Lantamal XII Laksanakan Kunjungan ke Kampung Bahari Nusantara (KBN) Teluk Suak Desa Karimunting

Komandan Lantamal XII Laksanakan Kunjungan ke Kampung Bahari Nusantara (KBN) Teluk Suak Desa Karimunting

Spread the love

Pontianak,Kalbar- KLIK NEWS Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) melaksanakan kunjungan dan sekalian meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Dusun Teluk Suak Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, Rabu (14/12/2022).

Dusun Teluk Suak Desa Karimunting Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang merupakan Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang ke-3 yang menjadi binaan langsung dari Dinas Potensi Maritim Lantamal XII Pontianak, dimana sebelumnya juga ada 2 desa telah menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN) binaan Dispotmar Lantamal XII, yaitu Desa Sedau Pantai Batuburung Kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang dan Desa Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kuburaya.

Sebelum dilaksanakan acara peresmian KBN di Dusun Teluk Suak, dilaksanakan pemotongan pita dan peresmian terminal penumpang Pelabuhan Teluk Suak yang akan bepergian ke Pulau Lemukutan dengan menggunakan Kapal Motor Boat. Dan juga pemotongan pita untuk peresmian jembatan pelantar yang baru dibangun untuk memudahkan masyarakat untuk menambatkan perahu motor selesai melaut.

Dalam acara peresmian Kampung Bahari Nusantara dihadiri juga oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso, S.E., Asisten III Sekda Provinsi Kalbar Alfian, tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Kabupaten Bengkayang bapak Toni Pangeran, bapak Parman, pejabat utama, Kadis dan Kasatker Lantamal XII, Kapolres Bengkayang, Dandim atau yang mewakili serta organisasi masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama Suharto dalam sambutannya menyampaikan, “Kampung Bahari Nusantara merupakan salah satu dari program TNI Angkatan Laut dalam hal ini Bapak Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dan sebagai perwujudan tugas TNI Angkatan Laut yang dituntut harus mampu berkontribusi positif dan aktif membantu Pemda dalam percepatan pembangunan, menjaga ketahanan pangan, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan perekonomian daerah serta memantapkan kemanunggalan TNI dalam hal ini TNI angkatan laut dengan masyarakat. Untuk kepentingan pertahanan negara sehingga diharapkan terciptanya masyarakat maritim yang kuat dan mampu melestarikan laut di daerahnya,” ujarnya Danlantamal XII.

“Ada 5 Cluster unggulan dari Kampung Bahari Nusantara di seluruh Indonesia sesuai dengan program pemerintah atau unggulan Angkatan Laut yang pertama adalah Cluster Edukasi, kita berharap Kampung Bahari Ini bisa memberikan pendidikan baik pendidikan alam maupun pendidikan tertulis, nanti ada yang bisa menjadi tempat untuk edukasi, ada perpustakaan baik perpustakaan dalam bentuk buku maupun dalam bentuk internet dan sebagainya,” ujar Danlantamal XII.

“Kemudian ada Cluster Ekonomi ini diharapkan dengan adanya Kampung Bahari Nusantara, juga meningkatkan ekonomi. Contoh kalau dulu salah satu yang diprotes masyarakat Desa Karimunting yang memiliki Pulau Penata, Pulau Lemukutan, Pulau Randayan tapi berangkatnya dari Singkawang, sekarang kita sudah resmikan Terminal Pelabuhan, sudah bisa menjadi titik awal dan diharapkan dengan lalu lintas ini bisa menjadi meningkatkan ekonomi masyarakat termasuk UMKM dan pendampingannya,” lanjutnya.

“Kemudian Cluster Kesehatan juga sama, yang terakhir tentu Cluster Pertahanan. Bersama-sama dengan Kodim dan Polres menjadi tanggung jawab kita bersama. Apabila KBN ini berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat, saya yakin pertahanan pasti juga kuat karena berbanding lurus antara kesejahteraan ekonomi dan juga masalah keamanan dan pertahanan nasional,” ucap Danlantamal lagi.

“Dan satu keunggulan yang tidak disebutkan di sini tapi bisa melengkapinya adalah dengan adanya kelenteng di sini atau tempat ibadah, dimana sebelumnya telah diresmikan dengan peletakan batu pertama masjid Cheng Ho, jadi kita punya keunggulan yaitu keunggulan Cluster Religius,” sambungnya.

“Kita kenal bahwa Kalimantan Barat ini tempat harmonisasi di mana keragaman tercermin di dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, khususnya didesa Karimunting, keunggulan kita dimana kerukunan suku, etnis, agama dan sebagainya dapat berjalan dengan baik, dengan hadirnya kita bersama di tempat ini,” lanjutnya.

“Harapan kita bersama, bahwa Kampung Bahari Nusantara ini bukan lanjutan, kita berharap apa yang sudah terlaksana di kampung Bahari Nusantara yang telah kita resmikan tahun lalu di Sungai Kakap dan Singkawang akan berlanjut mendapatkan apresiasi dan mendapatkan nilai manfaat. Kita pelihara bersama dan ini milik kita bersama, untuk kita pertahankan dan kita tingkatkan sehingga memberikan nilai manfaat kepada kita khususnya yang masyarakat yang berada di desa karimunting ini ataupun Kabupaten Bengkayang pada umumnya. Karena kita tahu bahwa Bengkayang walaupun pantainya yang paling pendek dari 8 kota tapi yang paling banyak pulaunya,” terusnya.

“Bengkayang, inilah pintu masuknya dari sini dan sudah mulai cantik sudah siap menyambut kegiatan event besar Natal, Tahun Baru dan Imlek yang berdekatan. Sekali lagi kami serahkan Kampung Baru Nusantara ini kepada seluruh masyarakat di desa Karimunting khususnya dan masyarakat Kabupaten Bengkayang dan seluruh masyarakat yang ada di sekitar ini,” pungkas Danlantamal XII.

Hal ini selaras dengan salah satu perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.”

(Sumber:Dispen Lantamal XII – Kefas Hervin Devananda )

error: Content is protected !!