MENS SANA IN CORPORE SANO

MENS SANA IN CORPORE SANO

Spread the love

KLIK NEWS Beberapa waktu yang lalu, ada sebuah pepatah yang mengatakan: MENS SANA IN CORPORE SANO. Yang artinya :”Jiwa yang sehat ada di dalam tubuh yang sehat”

Rupanya kesehatan jiwa mendukung kesehatan tubuh. Dunia kedokteran menunjukkan banyak penyakit yang di sebabkan oleh gangguan jiwa, seperti kecemasan, dendam, iri hati, putus asa.

Di Palestina kuno, pada zaman Yesus ada kepercayaan: orang yang sakit tidak akan sembuh jika dosanya belum di ampuni, tentu saja tidak semua penyakit merupakan ganjaran dari dosa.

Di sisi lain, semua manusia telah jatuh ke dalam dosa.

“Jadi bagaimana? Adakah kita mempunyai kelebihan dari pada orang lain? Sama sekali tidak. Sebab di atas telah kita tuduh baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, bahwa mereka semua ada di bawah kuasa dosa.” Roma 3:9

Dalam Matius 9:1-8, si lumpuh mungkin merasa terbelenggu dosa, sehingga apatis dan putus asa, pasrah terhadap nasib. Syukurlah, teman-temannya peduli dan membawanya kepada Yesus.

Yesus menyapa nya, “Dosamu sudah di ampuni. Bangun dan bawalah tilammu dan pulanglah ke rumahmu.” Keyakinan bahwa dosanya di ampuni menyebabkan si lumpuh itu segera bangun, lalu pulang.

Para Ahli Taurat menuduh Yesus menghujat Allah, sebab hanya Allah yang dapat mengampuni dosa manusia. Tetapi Yesus memberikan kepastian bahwa DIAlah Anak Manusia, yaitu Allah yang sudah menjadi manusia yang mempunyai hak dan kuasa mengampuni dosa.

Dosa menyebabkan kita tidak lagi berpaut kepada Tuhan, dan kita hidup hanya dengan mengandalkan diri sendiri atau hal-hal lain. Akibatnya jiwa kita menjadi sakit dan tak jarang tubuh kita menjadi terganggu dan jatuh sakit pula.

DIA MAMPU MENYEMBUHKAN JIWA KITA, DIA PEDULI PADA KITA, SEBAB DIA LAH YESUS KRISTUS.

“Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa.” Matius 9:6

Selamat berakhir pekan dalam perkenan-Nya. FOCUS on GOD. Jaga kesehatan, tetap semangat dan antusias. Kiranya Tuhan Yesus melimpahkan rahmat-Nya senantiasa kepada kita semua. Selamat menikmati divine breakthrough, divine solution, divine resolution dan divine fission

Abah Daniel

error: Content is protected !!