Penemuan Kasus Leptospirosis Dinas Kesehatan ( Dinkes ) Kabupaten Tulungagung, Ambil Sempel Ginjal Tikus Liar

Penemuan Kasus Leptospirosis Dinas Kesehatan ( Dinkes ) Kabupaten Tulungagung, Ambil Sempel Ginjal Tikus Liar

Spread the love

Tulungagung,-Endemi leptospirosis untuk mengantisipasi merebaknya penyakit menular mematikan di masyarakat, Dinas kesehatan ( Dinkes ) Tulungagung praktek sempel ginjal pada empat ekor tikus liar.

“Bentuk kewaspadaan kami terhadap leptospirosis,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Didik Eka di Tulungagung, Sabtu.

Ginjal tikus yang sudah terambil selanjutnya di bawa ke laboratorium untuk dilakukan penelitian, apakah mengandung bakteri leptospira atau tidak.

Jika ditemukan, maka Dinkes Tulungagung akan melakukan pemeriksaan dalam skala lebih luas kepada masyarakat untuk mengetahui lagi apakah bakteri sejenis sudah menjangkit pada manusia.

Selain itu, akan merekomendasikan pembasmian untuk pengendalian hama tikus di lingkungan dekat pemukiman penduduk, terutama di daerah yang dinyatakan berstatus endemis.

Ada dua desa yang saat ini menjadi fokus gerakan kewaspadaan leptospirosis, yakni Desa Bono dan Ngranti, Kecamatan Boyolangu.

Di dua desa, Dinkes Tulungagung sudah memasang sedikitnya 50 alat jebakan tikus. Pengambilan sampel ginjal dengan demikian akan diperbanyak untuk memperkuat akurasi penelitian terhadap potensi wabah leptospirosis di lingkungan pemukiman.

Desa Bono dan Ngranti dipilih lantaran tergenang banjir saat hujan ekstrem beberapa waktu lalu. Saat banjir, tikus yang biasanya berada di persawahan atau kadang mencari tempat kering di pemukiman. Di dua desa ini juga ditemukan riwayat leptospirosis pada 2019 dan kemungkinan masih ditemukan dalam tubuh tikus.

Gejala leptospirosis pada manusia biasanya ditandai dengan kondisi badan mengalami panas tinggi, kelopak mata bagian dalam menguning, serta nyeri perut yang disertai pengerasan pada organ ginjal.

Kasus leptospirosis di Tulungagung ini sempat mendorong peningkatan kewaspadaan tinggi seiring teridentifikasi 12 orang terjangkit leptospira pada 2012. Temuan kasus saat itu di beberapa Kecamatan yang ada di Tulungagung Gondang, Sendang dan Boyolangu. ( IW/Arifin )

error: Content is protected !!