Peringati Hari Pahlawan Koramil Penajam Gelar Karya Bakti Di Tugu Merah Putih

Peringati Hari Pahlawan Koramil Penajam Gelar Karya Bakti Di Tugu Merah Putih

Spread the love

PENAJAM -Dalam rangka memeperingati Hari Pahlawan tahun 2022, Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU yang di pimpin langsung oleh Danramil Kapten Inf M Aluy melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan Tugu Sejarah yang ada di Kelurahan Nenang Kecamatan Penajam Kabupaten PPU. Jum’at (11/11/2022).

Komandan Koramil Penajam Kapten Inf M Aluy yang di dampingi Lurah Nenang dalam kesempatannya menyampaikan,”Hari ini kita dari Koramil 0913-01/Penajam bersama warga dan masyarakat Kelurahan Nenang serta ormas melaksanakan pembersihan area lokasi Tugu Sejarah Bendera Merah Putih pertama di kibarkan di Kaltim,”ujarnya.

“Kita mengenang sejarah tentang berkibarnya bendera merah putih pertama kali pada tanggal 17 Agustus 1945 di Propinsi Kalimantan Timur tepatnya di Jln Jonci RT 07 Kelurahan Nenang Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara ( PPU ),”pungkasnya.

Masih kata Danramil,”Pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta di proklamasikan Kemerdekaan Indonesia, maka tepat pukul 10.00 Wita di Nenang inilah para pejuang mengibarkan bendera merah putih walaupun secara sembunyi-sembunyi karena takut akan ketahuan oleh Tentara Jepang,dikutip dari keterangan Soekarno Alm Legiun Veteran 45”ujar Aluy.

Lanjutnya,“Selain dalam rangka memperingati Hari Pahlawan juga dalam rangka Hari Ulang Tatun Korem 091/ASN ke – 42 dan ini merupakan aikon pengibaran Bendera Merah Putih pertama setelah Indonesia merdeka tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 dan kalau bukan sekarang kapan lagi dan kalau bukan kita siapa lagi yang akan merawat dan memelihari Situs ini,”kata Danramil.

Sumber : Dim 0913/PPU – R0K3F45

error: Content is protected !!