POPULARITAS

POPULARITAS

Spread the love

Bacaan: Lukas 10:30-35

Bantul,klikberita.net Jean Frederick Oberlin adalah seorang hamba Tuhan dari Jerman pada abad ke-18. Pada saat sedang berjalan kaki, Oberlin terjebak oleh badai salju. Dia kehilangan arah karena jalanan sudah tertutup salju. Saat sedang duduk untuk memutuskan arah yang akan dituju, tiba-tiba ada sebuah kereta kuda yang melintas dan menolong Oberlin.

Pemilik kereta itu membawa Oberlin ke desa terdekat. Ketika pemilik kereta bersiap meneruskan perjalanannya, Oberlin bertanya, “Siapakah nama Anda supaya saya bisa mengingat dan mengucapkan syukur kepada Tuhan untuk Anda?”

Orang yang baru saja mengenali dan menolong Oberlin menjawab, “Anda ‘kan seorang hamba Tuhan. Tolong sebutkan nama orang Samaria yang baik hati itu.”

Oberlin menjawab, “Saya tidak tahu, karena Alkitab tidak menyebutkannya.” Si Penolong lalu berkata, “Selama Anda tidak tahu nama orang Samaria yang baik hati itu, maka izinkan saya juga untuk tidak mengatakan nama saya.”

Sikap orang yang menolong Oberlin sudah sangat jarang kita temui dewasa ini.. Ia lebih senang Oberlin mengingat kebaikannya daripada namanya. Itulah kebaikan yang diimbangi kerendahan hati.

Banyak orang yang menyatakan kebaikan, tetapi hanya sedikit yang bisa menjaga hatinya untuk tetap tulus dan memiliki kerendahan hati. Orang akan lebih bersemangat dalam kinerja ketika nama mereka yang ditonjolkan.

Apabila kita memiliki sikap rendah hati, kita akan melakukan semua pekerjaan tanpa melihat siapa yang akan mendapatkan pujian. Yang perlu kita lakukan hanya melakukan yang terbaik dan percaya bahwa Tuhan tidak menutup mata, Ia akan mengangkat dan memberi “promosi” pada waktu-Nya dan sesuai dengan cara-Nya.

Lakukanlah yang terbaik dalam pekerjaan kita, bukan karena mengejar nama, tetapi karena itu merupakan tanggung jawab. “Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?” Mikha 6:8

Pada akhirnya, orang yang memiliki kualitas dalam pekerjaannya, namanya pasti akan terangkat dengan sendirinya. “Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.” Amsal 22:4

Penolong yang rendah hati. “Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur dan engkau akan menjadi berkat.” Kejadian 12:2

Apakah kita boleh mencari popularitas? Tentu tidak boleh, jadi jangan salah mengetrapkan ayat ini. Yohanes Pembaptis nabi terbesar punya prinsip Yohanes 3:30 – “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.”

Membesarkan diri itu berarti memberhalakan diri dan mencuri kemuliaan Tuhan

Selamat beraktivitas dalam perkenan-Nya. FOCUS on GOD. Jaga kesehatan, tetap semangat dan antusias. Tuhan Yesus melimpahkan rahmat-Nya sehingga terobosan illahi, jalan keluar illahi, penyelesaian illahi dan pelipatgandaan illahi di seluruh area kehidupan kita dinyatakan

Abah Daniel

error: Content is protected !!