Robot Catur MIRA 100% Buatan Anak Bangsa Bahagiakan Anak-Anak

Robot Catur MIRA 100% Buatan Anak Bangsa Bahagiakan Anak-Anak

Spread the love

Jakarta – Robot MIRA adalah inovasi 100% produk SARI Teknologi yang dipimpin oleh Kak/ Bro Yo sapaannya dari nama lengkapnya DR Yohannes Kurnia dari Universitas Gunadharma.

“Wuih bahagia dan senang sekali bisa bermain, tidak hanya Robot Catur MIRA juga ada robot-robot menari yang lucu mengikuti irama gangnam style,” papar Aisah dan disambut senyum manis Zahra, mereka pelajar SDN Gondangdia 3 & 5 yang dipimpin Kak Faridah dan Kak Herry.

Mereka bersuka cita bersama Kak Yo dan tim robotiknya juga menyilahkan membuat robot praktis dan mudah, Selasa (4/10) di kawasan Cikini Jakpus.

Redaksi sudah dibuat takjub sejak sehari sebelumnya karena Robot Catur MIRA dengan kecerdasan buatan membuat Kak Seto tokoh anak nasional dan juga Guru Besar Universitas Gunadharma ikut memuji dan berkesempatan bermain dengan Robot Catur MIRA.

“SARI Teknologi bersama tim robotik semua 100% merupakan buatan anak Indonesia sehingga, MIRA – Machine Intelegence Robot Athelete bisa kita banggakan, ayo para penyuka catur para grandmaster yang ada di PERCASI ditantang MIRA,” ucap Kak Yo.

Sebelumnya hari Senin di SDN Kenari 7 & 8 Kak Seto sudah menjajal dan mengaku kagum dan takjub dengan inovasi robot MIRA, “aku juga gemas dengan robot-robot yang bisa menari.” Ungkap Kak Seto.

“Anak-anak Indonesia tidak melulu harus belajar dan belajar tapi dalam bermain mereka bisa belajar, saya suka mengapresiasi Kak Yo yang saat ini sudah menjadi pakar Robot bisa berinovasi bersama tim dan menggandeng Koalisi Anak Madani Indonesia (KAMI) untuk ke sekolah-sekolah, semua patut mendukung malah harus menggelar kompetisi usia dini bikin robot,” papar Kak Seto semangat.

Ia pun tahu persis dunia coding dengan matematika itu fun sehingga sejak usia dini para orang tua bisa menemani anaknya bermain.

Kak Seto meminta Kak Yo memproduksi massal Koper ARTS (Artificial inteligence Trainer Suitcase) agar anak-anak bisa dengan mudah punya robot dengan inovasi sendiri.

Wah seru pastinya, Kak Hoky yang menemani seharian sampai ke SMPN 216 ikut berdecak kagum dengan inovasi Robot ARTS dimana anak-anak bisa merakit sendiri. Jadi bermain sambil belajar dan pastinya sangat edukatif.

Kak Hoky berlatar teknologi sebagai Sekjen KAMI Koalisi Anak Madani Indonesia bersama Kak Ima, Kak Ella, Kak Hendra dan Kak AruL malah ingin mengagas Kompetisi Robot.

“Tahun 2023 Koalisi Anak bersama SARI siap Gelar Olimpiade Robotik Sejak Usia Dini bersama Kak Yo (SARI Teknologi) memperebutkan Piala Kak Seto sehingga anak SD dan SMP berawal dari DKI punya inovator Robot, ” ucap Kak Hoky serius.

Hoky yang juga menjabat sebagai Ketua Umum APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional) berharap kegiatan positip ini diperhatian oleh pihak Kementerian terkait, bahkan menurutnya akan sangat baik jika mendapat perhatian langsung dari Presiden RI.

“Sebab faktanya saya mengetahui Kak Yo bersama Tim SARI Teknologi telah sejak tahun 2006 mempunyai misi konsisten untuk menciptakan 1 juta Inovator dan penemu teknologi muda yang dapat bersaing dikancah dunia.” Tutur Hoky.

Menurut Hoky yang nama lengkapnya Soegiharto Santoso hingga saat ini Tim SARI Teknologi mempunyai tim bidang robotika kelas dunia, hanya belum terlalu banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, untuk itulah harus dilakukan kolaborasi agar kemampuan Tim SARI Teknologi ini dapat dioptimalkan.

“Kita harus bersama-sama mempromosikan karya anak bangsa, saya pribadi sangat bangga dengan karya Kak Yo bersama Tim SARI Teknologi.” Pungkas Hoky.

error: Content is protected !!