RSUD dr iskak Tulungagung Ketahui Aturan Makan Bagi Penderita Diabetes

RSUD dr iskak Tulungagung Ketahui Aturan Makan Bagi Penderita Diabetes

Spread the love

Tulungagung, -KlikBerita.net

Diabetes militus atau kencing manis merupakan penyakit metabolik yang ditandai munculnya hiperglikemia (kadar gula dalam darah meningkat berlebihan). Kondisi ini terjadi akibat fungsi insulin yang membantu tubuh mengontrol kadar gula dalam darah terganggu.

Dalam situasi normal, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi glukosa. Selanjutnya diangkut ke seluruh sel tubuh dengan bantuan insulin untuk dijadikan tenaga.

“Karena itu pasien diabetes harus mengatur pola konsumsi makannya,” kata Nanang Dwi, A.Md.GZ, ahli gizi RSUD dr. Iskak Tulungagung saat memberikan penyuluhan kepada pasien diabetes di Poli Penyakit Dalam. Penyuluhan ini dilakukan oleh Tim Instalasi Gizi dan PKRS RSUD dr. Iskak, Rabu (10/5/2023).

Nanang menambahkan pengaturan pola makan pasien diabetes mencakup prinsip 3J (tepat Jadwal, tepat Jumlah, tepat Jenis bahan makanan).

Pasien diabetes diwajibkan mengikuti jadwal makan yang tepat atau teratur untuk menjaga waktu makan sesuai jam yang ditentukan. Tujuan mematuhi waktu makan secara teratur adalah untuk mengurangi beban kerja tubuh agar tidak terlalu berat dalam mencerna atau menyerap zat-zat gizi.

Jumlah porsi makanan yang dikonsumsi setiap waktu makan harus menyesuaikan kebutuhan harian tubuh. Hal ini dapat dikonsultasika ke Poli Gizi RSUD dr. Iskak dengan menghitung dari jumlah kalori dan kebutuhan protein, lemak, karbohidrat serta zat-zat gizi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Memilih jenis bahan makanan yang tepat harus menjadi kebiasaan pasien diabetes. Penderita diabetes telah memiliki pola konsumsi yang baik apabila membatasi asupan karbohidrat, mengurangi makanan tinggi lemak jenuh/kolesterol, membatasi konsumsi gula dan garam serta mengkonsumsi tinggi serat.

Melakukan pengaturan makan dengan menggunakan prinsip 3J akan mendukung upaya pengelolaan penyakit diabetes, serta menjaga kadar gula darah mendekati normal. Sehingga penderita diabetes bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik./wan

error: Content is protected !!