Umbul Peceren Destinasi wisata air Yang di kembangkan oleh Pemdes Dukuh Boyolali

BOYOLALI – KLIK NEWS Destinasi wisata air di Kecamatan Banyudono, Boyolali kini bertambah satu lagi. Obyek wisata yang di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Dukuh tersebut diberinama wisata Umbul Peceren.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali Supana, mengatakan, Pemerintah Desa Dukuh mengandeng BUMDes setempat untuk mengembangkan destinasi wisata baru. Dimana, lokasi wisata ini cukup strategis yakni berdampingan dengan obyek wisata Pemandian Pengging.

“Bila dilihat lokasinya cukup strategis, dan persis berdampingan dengan wisata Umbul Pengging,”katanya saat ditemui boyolali.go.id dilokasi Umbul Peceren, Senin (23/1/2023).

Dengan adanya wisata ini, kata dia, obyek wisata ini penyangga langsung wisata Umbul Ngabean serta kawasan Yosodipuro.

“Saya yakin bahwa inovasi dari kepala desa ini, desa ini akan lebih maju yang nantinya akan memberikan nilai positif pada masyarakat dari sisi perekonomian dan tenaga kerja,”ujar dia.

Dikatakan dia, hingga sampai saat ini jumlah desa wisata di Boyolali berjumlah 45 desa wisata. Sedangkan obyek wisata air terdapat beberapa tempat yang tersebar di sejumlah kecamatan, yakni Banyudono, Sawit, Ngemplak, Klego, dan kecamatan Boyolali Kota.

“Cukup banyak di obyek wisata di Boyolali, ada desa wisata yang tersebar di sejumlah desa dan kecematan,”kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Dukuh Sartono mengatakan, pengembangan desa wisata ini guna meningkatkan perekonomian warga masyarakat melalui UMKM warga.

“Ya, ini untuk mengembangkan UMKM warga, dengan begitu ekonomi warga akan meningkat,”kata dia.

Desa wisata ini, lanjut dia, yang akan dikembangkan mulai dari kuliner, perikanan serta permainan anak anak.

“Nanti rencananya digratiskan beberapa hari, kemudian baru dikomersilkan. Ya, tujuannya untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD) desa Dukuh,”tandasnya. (Sumber Diskominfo Boyolali – KEFAS HERVIN DEVANANDA ).

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Ayo tinggalkan komentar :)x
()
x