BELAJAR BERTUTUR KATA DENGAN BIJAKSANA

BELAJAR BERTUTUR KATA DENGAN BIJAKSANA

Spread the love

“Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.” Amsal 10:19

Suara kebenaran Orang yang suka bicara kasar,‎ hidupnya akan nyasar ke belukar bersuasana sukar. Setiap orang punya sisi baik dan buruk,‎ bicaralah kebaikannya jika di depan umum, tapi ingatkan keburukannya di ruang private.*

Jangan biasakan berkata dusta,‎ karena ia akan membawa sejuta derita di belakangnya. Kata-kata yang menyakitkan tidak mudah dilupakan pendengarnya,‎ karena akan merasuk ke hati, ‎bukan ke telinga saja.

Kalau bicara jangan keras-keras, selain tidak sopan,‎ kita jadi terkesan tidak berkelas. Ucapan yang terlanjur meluncur sulit ditarik mundur,‎ karena itu hati-hatilah ketika bertutur kata.

Hati-hatilah dalam berkata-kata, karena‎ lidah yang panjangnya 3 inci bisa membunuh manusia yang tingginya 6 kaki. Hati-hatilah dari prasangka, karena‎ prasangka itu merupakan perkataan yang paling dusta,‎ bicaralah sesudah yakin benar dan yakin membawa manfaat.

Jangan pikirkan lagi ucapan negatif orang lain, buanglah,‎ agar pikiran menjadi bersih untuk menuju peraduan mimpi. Ucapkan kata-kata semangat,‎ agar sepanjang hari bisa menarik rejeki dan relasi.

Tanamkanlah kata-kata yang penuh kasih dalam kehidupan seseorang.‎ Peliharalah dengan senyuman dan doa,‎ lalu lihatlah apa yang terjadi. Berbicara sopan bisa dilatih,‎ mulailah berbicara hal-hal yang etis, positif, dan bermanfaat.

“Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.” Kolose 4:6.

Selamat beribadah dalam perkenan-Nya. Walk with God. Jaga kesehatan, tetap semangat dan antusias. Tuhan Yesus melimpahkan rahmat-Nya sehingga terobosan illahi, jalan keluar illahi, penyelesaian illahi dan pelipatgandaan illahi di seluruh area kehidupan kita dinyatakan.

Penulis Abah Daniel

error: Content is protected !!