GAYENG TENAN, KOLABORASI FK METRA, JOKO DANDANG DAN JOKO CERET MERIAHKAN PAMERAN EXPO UKM

GAYENG TENAN, KOLABORASI FK METRA, JOKO DANDANG DAN JOKO CERET MERIAHKAN PAMERAN EXPO UKM

Spread the love

KARANGANYAR – Setelah 2 tahun pandemi, akhirnya Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Karanganyar pertama kalinya ditampilkan di depan masyarakat secara live offline maupun online. Kolaborasi gayeng bersama Joko Dandang dan Joko Ceret berhasil menghebohkan pameran Expo UKM di GOR Raden Mas Said semalam (11/11). Pertunjukan Rakyat (Pertunra) yang dikemas dalam Guyon Maton ini merupakan salah satu kegiatan untuk memeriahkan hari jadi ke-105 Kab. Karanganyar.

Plt. Kepala Diskominfo Karanganyar, Drs. Sujarno, M.Si menyampaikan bahwa Pertunra tersebut juga untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa Kab. Karanganyar memiliki seniman – seniman handal yang mampu meraih prestasi dan mengharumkan Bumi Intanpari.

“FK Metra Kabupaten Karanganyar alhamdulillah selalu masuk nominasi bahkan di tahun 2017 berhasil menyabet juara dua nasional dan tampil di Palembang. Tahun 2021 kemarin, kita berhasil meraih juara 1 Lomba Pertunjukan Rakyat tingkat Jawa Tengah “, tuturnya.

Sujarno menambahkan, Diskominfo juga memiliki mitra Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). KIM ini hadir sebagai agen informasi desa, kelompok yang peduli terhadap informasi, Bersama pemerintah mengedukasi masyarakat untuk cerdas memilah dan memilih informasi yang bermanfaat, dan terutama cerdas tidak termakan hoaks.

FK Metra Kab. Karanganyar tampil dengan membawakan lakon “Jangan Lengah”. Lakon ini merupakan yang diikutkan lomba Pentunra Jateng hanya saja kemasannya dirubah sehingga mampu menghibur masyarakat dalam durasi yang panjang. Kisah ini menceritakan sebuah keluarga kaya raya yang sangat sombong hingga tidak akur dengan tetangganya. Bahkan dengan congkaknya memamerkan kekayaannya dihadapan tetangganya. Mereka juga tidak percaya dengan kehadiran virus mematikan Covid-19.Aksi FK Metra diawali dengan penampilan dari Joko Dandang dan Joko Ceret yang dikisahkan merupakan saudara dari Joko Kendil yang saat ini sedang viral. Kedua figur ini diperankan oleh Diskominfo Karanganyar. Joko Dandang dan Joko Ceret mengedukasi ke penonton tentang kehadiran FK Metra dan KIM sebagai tangan panjang penyampai informasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat.Acara yang digelar dalam rangkaian Expo UKM ini dihadiri oleh warga masyarakat sekitar serta pengungjung Expo. Hadir pula warga Suriname yang kebetulan berkunjung ke Kab. Karanganyar. Para penonton tampak antusias melihat pertunjukan hingga selesai. (7UD1)

error: Content is protected !!