Hidup itu Bukanlah Sebuah Persaingan Namun Lebih tepatnya adalah Sebuah Perjalanan, Perenungan Bathin dari Seorang Ast.Prof Dr Dwi Seno Wijanarko.SH MH CPCLE

Jakarta – Klikberita.net Dr.Seno yang berprofesi seorang pendidik sekaligus salah seorang Advokat senior tanah Air, Ketika ditanyakan arti sebuah hidup oleh Pelitanusantara.Com, dan inilah penjelasan yang memiliki makna yang sangat dalam diselami.

Dr Seno mengatakan“Kalau hidup ini untuk bersaing, maka seharusnya setiap manusia itu diciptakan dalam level keadaan dan kemampuan yang sama Karena tidak logis dan tidak adil jika hidup ini dianggap persaingan ” Jelasnya .

Apa masalahnya dengan sebuah bersaing?

Yang jadi masalah adalah kita tidak punya keberanian untuk mengambil peluang meski itu harus menempuh sebuah resiko. Bahkan ketika kita tidak mengikuti persaingan disuatu bidang, sebenarnya kita telah mengikuti suatu persaingan lain yang tidak kita sadari.

Intinya ketika kita tidak bisa menghindari sesuatu yang sangat besar, maka kita harus menjalaninya dengan suka cita dan berikan yang terbaik agar tidak ada penyesalan ” terangnya.

Oleh karenanya Ada sebuah ungkapan dalam bahasa Inggris yg menginspirasi “Call me crazy, but I love to see people happy and succeeding. Live is a journey not a competition” (Sebut saja diriku gila, tapi aku suka melihat orang lain bahagia dan selalu demikian “Hidup ini adalah sebuah perjalanan, bukanlah sebuah kompetisi persaingan ” tuturnya.

Lebih lanjut pria yang juga Founder LawFirm DSW & Partner menyatakan “Ada sebagian orang yang menganggap orang lain adalah saingannya, maka dia akan melihat kehidupan ini sebagai kompetisi ,Tapi ada sebagian yang lain menganggap orang lain adalah rekan, maka dia akan melihat kehidupan ini sebagai sebuah perjalanan”.

Dari cara pandang seseorang menganggap orang lainpun, akan melahirkan sikap yang berbeda pula,yang melihat kehidupan ini sebagai kompetisi, akan berbeda sikap juga dengan yang melihat kehidupan ini sebagai sebuah perjalanan.

Yang pertama akan melakukan segala cara untuk mendapatkan “kemenangan”, sementara yang kedua akan melakukan segala cara untuk mendapatkan “kualitas” dalam setiap perbuatannya ” ujarnya

Tentukan cara pandang Anda dalam menganggap orang lain serta melihat kehidupan ini, karena hal itu pasti akan mempengaruhi sikap dan perilaku anda.

Kalau hidup ini untuk bersaing, maka seharusnya setiap manusia itu diciptakan dalam level keadaan dan kemampuan yang sama. Karena tidak logis dan tidak adil jika persaingan dilakukan dengan para peserta yang level kemampuan dan keadaannya tidak sama dan berimbang “Hidup ini bukan persaingan namun perjalanan”.

Petunjuk Allah sangat dibutuhkan agar kita tak tersesat,meminta petunjukNya adalah salah satu hal penting dalam memahami pesan-pesan yang disampaikan semesta sebagai arah dalam perjalanan hidup” Tutup Dr.Seno. (Romo Kefas)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Ayo tinggalkan komentar :)x
()
x