Pandawa, Drone Kargo Buatan Indonesia Menembus Jalur Gempa Bumi Cianjur

Pandawa, Drone Kargo Buatan Indonesia Menembus Jalur Gempa Bumi Cianjur

Spread the love

Jakarta –  KLIK NEWS Drone Pandawa Frogs Indonesia hadir untuk kemanusiaan buatan Indonesia karya anak bangsa menembus Bumi Cianjur

Sebuah Drone Kargo berskala ringan bertuliskan Frogs Indonesia Come For Humanity terbang membawa bantuan obat-obatan bagi korban gempa bumi Cianjur. Puluhan warga desa Talaga Kampung Quran, Kecamatan Cugeunang, Kabupaten Cianjur menyaksikan sebuah benda dengan 4 baling-baling terbang di atas kampung mereka yang porak poranda dilanda gempa bumi.

Perlu diketahui Drone produksi perusahaan Frogs Indonesia yang diberi nama Pandawa tersebut membawa bantuan obat-obatan menuju sebuah desa berjarak kurang lebih 1 kilometer yang dipisahkan oleh cekungan lembah. Jalur antar desa yang rusak berat hanya bisa dilalui sepeda motor memerlukan waktu setengah jam perjalanan. Dengan menggunakan sarana teknologi Drone Kargo Pandawa, hanya membutuhkan waktu hitungan menit untuk mendistribusikan kiriman bantuan dengan akurasi ketepatan tinggi di titik pendaratan.

Kendati secara spesifik Drone Pendawa Frogs Indonesia berukuran 1 meter dengan kemampuan mengangkut beban seberat 3 kilogram. Mampu melakukan penerbangan dengan jarak tempuh radius 3 kilometer perjalanan pergi dan pulang. Dilengkapi dengan sistem navigasi manual dan otomatis untuk menjaga ketepatan titik pendaratan dan kembali ke titik penerbangan dengan efektif.

Inilah prototype drone pengangkut barang ringan pertama kali di Indonesai buatan dalam negeri yang siap dikembangkan kemampuannya. Peningkatan daya angkut dan jangkauan terbang siap berinovasi dengan kebutuhan tanggap bencana Pemerintah yang selama ini selalu terkendala kondisi geografis. Teknologi drone menjadi jawaban yang paling realistis dalam situasi darurat dan paling ekstrem sekalipun.

Drone Pendawa bukan barang import dari luar negeri. Diciptakan oleh ide dan tangan terampil anak-anak muda di Yogyakarta yang tergabung dalam perusahaan berlabel Frogs Indonesia. 75 % komponen utama manufacturing Drone sudah mampu diproduksi sendiri di kota Pelajar tersebut. Teknik pemetaan dan modifikasi spesifikasi drone dilakukan oleh talenta anak bangsa. Operator (drone pilot) berlisensi resmi dari FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) melengkapi kemampuan menerbangkan pesawat tanpa awak dengan aman. Bentuknya yang simpel dalam kemasan penyimpanan sederhana memungkinkan fleksibel dibawa kemana saja dalam kondisi apapun.

Untuk diketahui Inovasi teknologi Drone Pandawa di tangan para kreator Frogs Indonesia tidak sekedar berbicara bisnis. Tetapi bagaimana sebuah kecanggihan alat angkut ringan mampu menyelamatkan banyak korban dengan efektifitas dan aksi nyata, sudah saatnya dipertimbangkan. BNPB, BPBD dan Basarnas menjadi garda terdepan disaat terjadi musibah bencana alam. Drone Pandawa Frogs Indonesia senantiasa hadir berkerjasama dalam aksi-aksi strategis dan efektif.( Red)

error: Content is protected !!