Pj Bupati Bangkalan Dipercaya Jadi Perwira Upacara Hari Otonomi Daerah Nasional

Pj Bupati Bangkalan Dipercaya Jadi Perwira Upacara Hari Otonomi Daerah Nasional

Spread the love

Surabaya , klikberita.net – (Pj) Bupati Bangkalan, Arief M. menghadiri sekaligus dipercaya menjadi perwira upacara pada peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII yang dipustakan di Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/4/2024).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tito Karnavian secara langsung bertindak sebagai inspektur pada upacara yang dilaksanakan di Balai Kota Surabaya tersebut.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melalui Mendagri menyerahkan penghargaan atau tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha 2024 kepada 14 kepala daerah.

Selain itu juga diserahkan piagam penghargaan kepada 29 Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan Pemerintah Daerah yang berkinerja tinggi.

Piagam penghargaan itu merupakan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) secara nasional 2023 berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) provinsi dan kabupaten/kota 2022.

Sedangkan dalam sambutannya Mendagri mengatakan bahwa ujung akhir dari otonomi daerah adalah memberikan kesempatan dengan tambahan kewenangan agar pemerintah daerah mampu mencari terobosan untuk mendapatkan pemasukan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“PAD yang tinggi akan dapat membiayai pembangunan daerah masing-masing, kemudian dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di daerah masing-masing,” kata Mendagri Tito Karnavian.

Oleh sebab itu, dalam momentum peringatan Hari Otoda 2024, dia mengajak seluruh kepala daerah di Indonesia untuk melakukan introspeksi, dan evaluasi guna meningkatkan inovasi dan terobosan lainnya.(red)

error: Content is protected !!