Posyandu Lansia Desa Tawangsari Tingkatkan Derajat Kesehatan Bagi Lansia

Posyandu Lansia Desa Tawangsari Tingkatkan Derajat Kesehatan Bagi Lansia

Spread the love

Tulungagung – Posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut  yang sudah disepakati dan digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.  Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia  melalui Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.

Seperti yang terlihat pada Rabu (16/3/2022) mulai pagi hingga selesai bertempat di balai desa Tawangsari kecamatan Kedungwaru kabupaten Tulungagung diadakan giat posyandu lansia.

Dalam kegiatan kali ini terdapat  pemeriksaan kesehatan untuk para lansia, diantara adalah pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, tinggi badan dan berat badan.

Kepala desa Tawangsari Moh. Khakul Yakin, ST menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan lansia. “Dengan Posyandu lansia ini diharapkan bisa meningkatkan kesehatan lansia untuk mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat,” jelasnya. “Untuk peserta Posyandu lansia ada kurang lebih 100 orang dan Posyandu ini rutin diadakan setiap bulannya,” imbuh kades.

Lebih lanjut Kades menjelaskan untuk petugas ada bidan desa dan perawat serta dibantu kader dari desa Tawangsari. “Selain Posyandu Lansia ada juga Posbindu yang di ikuti oleh masyarakat yang berusia 18 tahun keatas”, tutup kades. Sedangkan petugas kesehatan hari ini adalah Alfi Saifu Faudin dan bidan desa Margiasih.

Tulungagung Klikberita.com, iwan

error: Content is protected !!