PUPR Tangani Kawasan Kumuh Talumolo, Angkat Potensi Ekonomi Lokal Gorontalo

PUPR Tangani Kawasan Kumuh Talumolo, Angkat Potensi Ekonomi Lokal Gorontalo

Spread the love

Gorontalo , klikberita.net – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan  penataan kawasan kumuh Talumolo yang berada di tepi Sungai Bone, Kota Gorontalo guna mengangkat potensi ekonomi lokal di daerah.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan serta Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan penataan permukiman kumuh Talumolo telah dapat mengubah wajah kawasan dan membantu menangani permasalahan  kekumuhan kawasan di Kota Gorontalo.

“Penataan kawasan kumuh di tepi sungai tidak hanya memperbaiki fisik infrastrukturnya, tetapi juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dan lingkungannya,” kata Endra dalam siaran pers yang diterima klikberita.net pada Jumat (26/4/2024).

Penataan Talumolo sudah dimulai pengerjaannya sesuai kontak pada 20 Februari 2023 dan telah selesai Januari tahun 2024 dengan luas penanganan 30,81 hektare (ha).

Pekerjaan yang telah selesai tersebut meliputi pembangunan jalan lingkungan sepanjang 2,4 kilometer (km) serta  pembangunan 39 unit tempat sampah portable dan 1 tempat pengolahan/pemrosesan akhir sampah.

Selanjutnya penataan kawasan meliputi pembangunan 2 gapura, revitalisasi kawasan retail, pembangunan plaza kuliner, dermaga, tambatan kapal, dan prasarana lapangan olahraga.

Di lokasi tersebut juga telah dibangun infrastruktur  drainase sepanjang 754,5 meter, perbaikan tanggul sepanjang 1,2 km, 6 pintu air, dan 4 jembatan penyeberangan. Kemudian sarana penanganan air limbah berupa 5 unit Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) dan 5 unit bak resapan.

Penanganan kawasan kumuh Talumolo ini di bawah tanggung jawab Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Gorontalo, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya, Kementerian PUPR dengan anggaran pembangunannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp25,97 miliar.

Sebelumnya daerah Talumolo merupakan kawasan kumuh tepi air dengan orientasi bangunan sebagian membelakangi badan sungai sehingga rawan akan genangan dan banjir.

Selain itu, kawasan tersebut juga memiliki permasalahan terkait sarana permukiman seperti pengelolaan persampahan, drainase, dan jalan lingkungan.

Permukiman Talumolo sendiri berada di tengah Kota Gorontalo atau sekitar 3 km dari Kantor Walikota Gorontalo. Selain menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik, harapannya kawasan Talumolo menjadi tujuan wisata yang representatif bagi masyarakat serta ikon kebanggaan wisata sungai yang berada di tengah Kota Gorontalo.

Hal itu selaras dengan program Kawasan Talumolo Rindang dan Indah (Santorini) Pemerintah Kota Gorontalo yang mengkolaborasikan  potensi sektor wisata pantai dan perbukitan serta wisata sejarah dan budaya.

error: Content is protected !!