UMKM Kota Bogor menjadi Peserta di Hybrid Event Prambanan UMKM Java Festival 2021 ( Pujafest 2021)

UMKM Kota Bogor menjadi Peserta di Hybrid Event Prambanan UMKM Java Festival 2021 ( Pujafest 2021)

Spread the love

KLATEN-KLIKBERITA.NET Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya hari Kamis (4/11) menghadiri acara pembukaan Hybrid Event Prambanan UMKM Java Festival 2021 ( Pujafest 2021) yang diselenggarakan oleh Kantor Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan bertempat di pelataran Syiwa Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan Yogyakarta.

Ketua Panitya Pujafest 2021, Bayu Pramidya dalam sambutannya mengatakan dari jumlah UMKM di Indonesia sebanyak 64,2 juta telah memberikan kontribusi kepada PDB Sebesar 61,07 % atau senilai 8500 Trilyun. Tetapi karena adanya pandemi banyak UMKM yang merasakan dampaknya sehingga merasa sulit untuk berkembang dan maju.

Dari jumlah UMKM tersebut, sebanyak 82,9 % terdampak pandemi, dan 50 % UMKM menurun omsetnya. Melihat dan merespon kondisi seperti itu, pihaknya merasa terpanggil untuk menfasilitasi dan berupaya turut membangkitkan kembali gairah perekonomian Indonesia terutama para pelaku UMKM dan pelaku industri kreatif lainnya melalui Prambanan UMKM Java Festival 2021.

Disampaikan juga oleh Budi Pramidya, bahwa even Prambanan UMKM Java Festival 2021 ini akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 4 November sampai 7 November 2021. Adapun peserta festival yang diselenggarakan sebanyak 105 yang terdiri dari berbagai instansi dan UMKM sebanyak 78 Stand.

Acara Prambanan UMKM Java Festival 2021 diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan level pandemi yang terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara pembukaan Prambanan UMKM Java Festival 2021, selain dihadiri oleh Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya, juga dihadiri oleh anggota komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar DPR RI, Singgih Janu Ratmoko, Kepala Dinas Pariwisata Propinsi DIY, Singgih Raharjo, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi DIY, Sri Lukiatsiwi, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Wiryanto Raharjo, Deputy VI Regional Manager BTN, Kanwil VI Jateng Yogya, Edward Melvin Purba, Retail Financing Bussiness Deputy Regional VIII, PT BSI, Ashori, Corporate Secretary PT TWC Borobudur,Prambanandan Ratu Boko, Emilia Eny Utari serta TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Pujo Suwarno.

Sedangkan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor mengirimkan UMKM yang memproduksi berbagai macam pernik dari Bambo dan UMKM memproduk berbagai macam Makanan dalam kemasan , menurut Kabid UMKM kota Bogor Medi Sandora yang di dampingi Kepala Seksi UMKM Kota Bogor Yuyun mengatakan kepada Awak Media bahwa dengan adapun UMKM Kota Bogor yang hari ini mengikuti acara HYBRID EVEN PRAMBANAN FESTIVAL 2021, diharapkannya bisa menambah wawasan dan menambah Pengalaman yang kemudian akan membuat UMKM – UMKM yang ada di Kota Bogor lebih termotivasi lagi untuk mengembangkan Produknya kedepan katanya kepada Awak Media.

Sedangkan menurut salah Seorang Pengusaha Kota Bogor Hardi Sumanto  yang juga Sebagai Salah Satu Pelaku UMKM di Kota Bogor mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi tentang kegiatan ini, diharapkan kedepan Banyak sekali even – even sejenis ini, agar UMKM – UMKM yang di Indonesia bisa lebih memiliki daya saing terhadap produk-Produknya baik di pasaran domestik maupun Internasional sehingga akan muncul UMKM-UMKM tangguh yang memiliki Daya Saing memasuki pasar Internasional Katanya lagi (Asep Suherman)

error: Content is protected !!